Sunday, October 16, 2016

MENGEJAN DI SAAT HAMIL TRIMESTER KE II

Kunjungi juga beauty blog ku di www.beautyasti1.com ya..
Dan add akun Instagram www.instagram.com/beautyasti1
Kalau ada pertanyaan silahkan via Instagram @beautyasti1 ^0^



Ini pengalaman aku pas di kehamilan trimester ke II, kurang lebih hamil 23 minggu-an or something aku agak lupa yang pasti di dalam trimester ke-II. Memang sih, dari banyak artikel yang aku baca via internet, sembelit menjadi salah satu 'teman' ibu hamil. Awal nya aku gak percaya dan gak ngitungin berapa kali sehari, or berapa kali dalam 2-3 hari aku poop. Ngapain juga ngitungin, aku sendiri biasa aja, merasa gak sembelit tuh..


Sampai pada suatu hari, dikala aku sendirian di rumah, seingat ku di Masjid sedang sholat Jumat, dan aku pun mulas mulas. Ini perut ngajak 'nabung' dan alhasil dengan santai nya aku menuju kamar mandi dan setelah beberapa lama, lammaaa, laaammmaaaaa sekali di kamar mandi aku pun tak kunjung menghasilkan apa apa.. Sampai akhirnya aku ngeden...ngeden yang kuat..


Dan tetap tidak menghasilkan apa apa.. Sampai keluar keringat dingin dan nyaris pingsan di kamar mandi karena sudah kelamaan di kamar mandi dan dehidrasi pula.. Akhirnya aku istirahat, aku keluar kamar mandi dan minum air putih yang banyak plus rebahan sebentar untuk memulihkan tenaga. Tapi anehnya perut masih saja mulas mulas? Atau jangan jangan itu dedek bayi nya yang mau keluar? Gak tau deh.. Gak kepikiran sampai situ.. Secara belum banyak artikel tentang kehamilan yang aku baca.. Aku hanya tau ini mulas mulas hebat selama hidup ku..


Setelah tenaga agak pulihan aku kembali ke ke kamar mandi untuk ngeden.. Saking kuat nya aku takut kalau ketuban ku pecah dini atau dedek bayi yang akan keluar.. Tapi Alhamdulilla sudah hampir 45 berjuang sendirian, selesai lah sudah poop hari itu. Yang mana seelah ku ingat ingat sudah 3 hari aku belum poop. Ternyata aku kena sembelit kan.. Iya kaaahhnn..

Ngeden kuat di kehamilan trimester ke-II ini menjadi sesuatu yang horror dan menghantui ku.. "Apakah dedek bayi baik baik saja di dalam sana?", "Apa ketuban ku pecah?", blaa blaahh blaah.. Ke-parno an ku muncul terus sampai gak tahan tunggu hari senin, aku ingin segera pergi ke RSIA ASIH untuk USG dan mengecek kandungan ku SEGERA!! Dan itu hari minggu, hari dimana dokter kandungan ku gak praktek -___- Whatever~ aku tetap pergi ke rumah sakit dan menuju poli.. Aku belum punya nomor Whatsapp nya dr.Nurwansyah waktu itu, alhasil telpon RSIA Asih buat nanya ada dokter siapa aja yang praktek pagi ini. Ternyata ada 2, dokter cewe dan dokter cowo. Aku booking untuk dokter cewe..

Sampai di poli yang lumayan sepi, sepi banget malah karena di minggu pagi jam 9 gitu, aku langsung aja daftar ke suster nya. Dan di tolak! Kata suster nya karena aku pasien dokter Nurwansyah, kalau mau ke UGD aja.. Tapi aku ngotot pengen USG ke dokter yang ada, aku bilang karena aku khawatir kenapa napa dengan bayi ku. Dan akhirnya suster mendaftar kan aku ke dokter cowo, namanya dokter Bambang Sumakno, karena dokter yang cewe belum datang.

Ternyata dr. Bambang ini sudah senior dan nisa dibilang tua. Pensiunan Dokter kepolisian gitu ternyata, salah satu pendiri rumah sakit  Polri yang suka di tv - tv untuk autopsi bla blaa blaahh.. Apa ya aku lupa, Kramat Jati or apalah namanya lupa.. Back to USG, Alhamdulillah keadaan bayi ku sehat walafiat, malah kalau di lihat di USG seperti sedang lompat lompat kegirangan gitu. Dan air ketuban ku cukup. Aku jadi tenang deh..


Btw dr. Bambang Soemakno ini senang sekali ngobrol dan memberikan nasihat untuk rajin Sholat dan berterima kasih pada Allah SWT. Ada kali sejam aku konsultasi sama dokter Bambang. Beliau cerita tentang istri nya yang cantik keturunan India, Belanda, dan Indonesia. Punya anak 2 laki laki semua nya. Dan beliau bersyukur punya anak laki laki, karena kalau anak nya perempuan beliau akan kasihan karena setiap hari autopsi perempuan yang ini lah itu lah.. Hhiiyyy.. Ngeri juga ya..


So, jadi intinya kalau bumil bumil aka ibu hamil lagi buang air besar dan ngeden hebat, tetap harus waspada ya dengan air ketuban nya.. Jangan ngeden kuat kuat, tapi kalau tetap ngeden dan khawatir, segera periksa USG ke dokter mana aja yang penting di lihat dulu tuh kondisi bayi nya. Jangan ke UGD, karena di UGD gak ada USG. Begitu sih kalau di RSIA Asih UGD nya gak ada USG, hanya CTG saja.. Tetap waspada! Waspadalah!! *kok malah nakutin* Semangat ya!!

No comments:

Post a Comment